Mengenal Kitab Silsilah Ta'lim Lughah Arabiyah

Mengenal Kitab Silsilah Ta'lim al-Lughah al-'Arabiyah Beserta Download Pdf Lengkap

Mengenal kitab silsilah ta'lim lughah arabiyah, download kitab silsilah ta'lim al lughah al arabiyyah lengkap, pdf kitab silsilah lipia, beserta apa saja materi kitab silsilah lipia.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Mengenal Kitab Silsilah Ta'lim Lughah Arabiyah

Di era globalisasi yang semakin canggih ini, pembelajaran bahasa Arab bisa dikatakan semakin penting dan meningkat peminat pelajarnya. Salah satu media pembelajaran bahasa Arab yang bisa dipelajari adalah kitab silsilah ta'lim al lughah al arabiyah.

Kitab ini dikeluarkan oleh Universitas Islam Imam Muhammad bin Su’ud Riyadh, kitab Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah ini menjadi salah satu kitab yang banyak dipakai pada sekolah-sekolah bahasa Arab di berbagai negara, termasuk di indonesia.

Di Indonesia, kitab silsilah ta'lim lughah ini banyak digunakan oleh lembaga pendidikan di Indonesia untuk belajar bahasa Arab. Seperti di LIPIA yang menjadikan kitab ini sebagai kitab muqarrar (pedoman) pada jenjang I'dad Lughawi-nya (persiapan bahasa) atau jenjang sebelum memasuki kuliah S1 di LIPIA Jakarta.

Kitab ini telah terbukti efektif dalam membantu pelajar memahami dan menguasai bahasa Arab dengan baik. Kitab tersebut dinilai sangat mencukupi pada kebutuhan pelajar dalam membangun kemampuan berbahasa Arab.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai kitab silsilah lipia tersebut, kelebihan kitab silsilah, materi kitab silsilah, serta kami menyediakan link download kitab silsilah pdf lengkap.

Dengan mendownload kitab silsilah pdf ini, diharapkan anda dapat dengan mudah mempelajari bahasa Arab nantinya dengan Kitab Silsilah Ta’lim Al Lughah Al Arabiyah pdf yang bisa dipelajari di mana saja dan kapan saja.

Selain bisa belajar dengan mudah dengan mendownload kitab silsilah pdf tersebut, anda juga dapat belajar kitab lipia tersebut dengan terjemahan kitab silsilah yang tersedia di blog ilmufyi.com ini.

Apa itu Kitab Silsilah Ta'lim Lughah Arabiyah?

Kitab silsilah talimil lughah arabiyah ini merupakan kitab pelajaran bahasa Arab dasar yang diterbitkan oleh Universitas Imam Muhammad bin Saud Al-Islamiyah, Riyadh.

Kitab Silsilah Ta'lim al-Lughah al-'Arabiyah mencakup serangkaian buku teks belajar bahasa Arab yang dirancang khusus untuk non-penutur asli. Kitab ini disusun oleh para ahli bahasa Arab dan didukung oleh metode pengajaran yang modern serta cukup efektif.

Kitab ini sangat cocok dipelajari oleh anda yang ingin memperdalam bahasa Arab, yang masih pemula dalam bahasa Arab, ataupun bagi yang baru saja mempelajari materi-materi keagamaan seperti fikih, hadits, tauhid, ataupun sastra Arab dan keilmuan lainnya.

Selain cocok untuk belajar bahasa Arab dasar, kitab ini memang banyak digunakan di berbagai negara yang membuka program I’dad Lughowy, termasuk Indonesia, Jepang, hingga Kanada. Termasuk juga digunakan pada kurikulum program persiapan bahasa Arab (I’dad Lughowy) di Universitas Imam Muhammad Ibnu Su’ud Al-Islamiyyah, Riyadh, Arab Saudi.

Selain digunakan sebagai buku pedoman bahasa Arab di LIPIA, di Indonesia kitab silsilah ta'lim lughah arabiyah ini juga digunakan di banyak lembaga pendidikan yang berfokus pada peningkatan kualitas bahasa Arab, seperti pada di ma'had-ma'had beberapa wilayah yang dikelola oleh AMCF, diantaranya adalah:

  • Ma'had Umar bin Al-Khattab Surabaya
  • Ma'had Utsman bin Affan Jakarta
  • Ma'had Abdurrahman bin Auf Malang
  • Dan lembaga pendidikan bahasa Arab AMCF lainnya.

Khusus bagi Anda yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studinya di LIPIA Jakarta tanpa melewati jenjang i'dad, menguasai materi-materi yang tersedia pada kitab Silsilah ta'lim ini menjadi salah satu kunci proses keberhasilan Anda untuk langsung masuk di jenjang S1 di LIPIA Jakarta tersebut.

Mengenal LIPIA

LIPIA adalah singkatan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab, sebagai salah satu lembaga pendidikan Arab Saudi-Indonesia yang mengajarkan pendidikan agama Islam dan bahasa Arab.

Lembaga pendidikan ini didirikan pada tahun 1980 M/1400 H. LIPIA termasuk cabang resmi dari Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Arab Saudi. Berpusat di Jakarta Selatan dan memiliki cabang lagi diantaranya di Surabaya, Medan dan Banda Aceh.

Berbeda dengan universitas atau institusi lainnya, LIPIA memberikan beasiswa kepada seluruh mahasiswa/i nya, dari pendaftaran hingga kelulusan. LIPIA juga memberikan uang saku bulanan (mukafa'ah) kepada para mahasiswa/i nya yang besaran nominalnya disesuaikan berdasarkan jenjang pendidikannya, diantaranya adalah:

  • 100 riyal untuk prodi I'dad Lughowy.
  • 200 riyal untuk prodi Sarjana (Syariah, Lughah, dan Ekonomi Islam.

Pengajar institusi LIPIA inipun mayoritas berasal dari Timur Tengah seperti Arab Saudi, Mesir, Yordania, Yaman, Sudan, Aljazair, Mauritania, Maroko, dan lain-lain. Hal ini tentu saja menjadikan perkuliahan di LIPIA menggunakan bahasa Arab sebagai Bahasa pengantar dan diktat (buku ajar).

Semua perkuliahan yang diajarkan di institusi LIPIA ini disampaikan dengan berbahasa Arab, dikarenakan sekitar 80-90% pengajar atau dosennya berasal dari Arab Saudi.

LIPIA juga dikenal memiliki standar penerimaan mahasiswa yang sangat tinggi, yang mana dari 2000 pelamar hanya 200 mahasiswa-lah yang diterima. Hal tersebut menjadikan setiap tahunnya institusi ini meluluskan mahasiswa/i nya hanya 200 saja.

Namun kelebihannya apabila diterima berkuliah di LIPIA, mahasiswa tidak perlu membayar uang kuliah, bahkan mereka dibayar oleh tunjangan bulanan (mukafa'ah).

Program studi LIPIA

Jurusan yang ada di LIPIA juga beragam, namun hanya di LIPIA Jakarta yang menyediakan program Sarjana (S1), selain itu hanya ada program i'dad (persiapan bahasa). Seperti berikut ini:

Syariah

Prodi syariah pertama kali dimulai pada tahun 1407 H/1987 M hanya untuk thullab, kemudian pada semester pertama tahun ajaran 1429/1430 pertama kalinya dimulai kelas muntazhim syariah untuk thalibat.

Pada Jurusan Syari'ah, lulusan mahasiswa program sarjana ini akan mendapatkan gelar Bachelor of Shariah (B.Sh)/Lc. Mahasiswa jurusan ilmu syar'iah LIPIA ini memiliki masa belajar 4 (empat) tahun.

Mata Kuliah di jurusan ini meliputi: Fiqh, Nahwu, Balaghoh, Hadits, Tauhid, Ushul Fiqh, Tafsir, Bahts, Tsaqofah Islamiyah, Qowa'id Fiqhiyyah, Ilmu Nafs, Ushul Tarbiyah, Faroidh, Nushush, Dakwah, Manahij wa Thuruqut Tadris, Qur'an, dll.

Manajemen dan Ekonomi (Idary)

Prodi ini bernama lengkap Qism Al-Ulum Idariyah wal Maliyah yang pertama kali dibuka pada tahun 1433 H/2012 M untuk program diploma (D2). Kemudian pada tahun 1438 H/2017 M program S1 untuk Idaroh Maliyah pertama kali dimulai.

Dalam prodi Manajemen dan Ekonomi Syariah ini, lulusan akan mendapatkan gelar Bachelor of Business Administration (B.BA)/Lc. Mahasiswa juga memiliki masa belajar 4 (empat) tahun.

Mata Kuliah pada prodi meliputi: matematika Finansial, PKN, Siroh Nabawiyah, Tauhid, Qowaid, Kode- Etik Profesional, Bahasa Indonesia, Konsep Dasar Statistik, Fiqh- Muamalat, Konsep Dasar Manajemen, Statistical Analysis, Konsep- Dasar Ekonomi Mikro, Hukum Dagang, Konsep Dasar Akuntansi- Biaya, Qowaid Fiqhiyah, Konsep Dasar Financial Invesment, dll.

Lughoh (Sastra Arab)

Prodi lughoh pertama kali dibuka pada semester awal tahun ajaran 1438-1439 H (pertengahan tahun 2017 M) untuk thullab. Dan untuk thalibat pertama kali dimulai pada semester kedua tahun ajaran 1438-1439 H (awal 2018 M.)

Pada jurusan Sastra Arab ini lulusan mahasiswa ini akan mendapatkan gelar Bachelor of Arts (B.A)/Lc. Prodi ini memiliki masa belajar 4 (empat) tahun.

Mata Kuliah di prodi ini meliputi: nahwu, Balaghoh, Maharot Kitabiyah, Tarikhul Adab, Tauhid, PKN, Maharot Tahadduts, Siroh Nabawiyah, Nushush Adabiyah, Shorof, Fiqh, Ushul Tarbiyah, Hadits, Faroidh, Tafsir, Naqd, 'Ilmu Lughoh, Bahasa Indonesia, Tsaqofah Islamiyah, dll.

I'dad Lughowy

Prodi I'dad Lughowy adalah prodi yang pertama kali ada di LIPIA (dulu masih bernama LPBA), yang dimulai pada tahun 1980 M/1400 Η.

Di jurusan Persiapan Bahasa/I'dad Lughowi ini terdiri dari 4 (empat) semester (Mustawa), di masa ini mahasiswa mendalami pemahaman bahasa arab. Mahasiswa jurusan ini memiliki masa belajar 4 semester atau 2 tahun saja.

Mata Kuliah pada prodi ini meliputi: maqru', Qur'an, Ashwat, Tahriri, Khot, Imla, Hadits, Tarikh, Qowaid, Tauhid, Fiqh, Adab, Balaghoh, Tadribat, Ta'bir, dan lain-lain.

Isi Materi Kitab Silsilah

Untuk mempelajari kitab silsilah ta'lim al-lughah al-arabiyyah ini diperlukan modal bahasa Arab dasar seperti kosakata bahasa Arab, pengetahuan tata bahasa Arab, serta perubahan kata bahasa Arab. Karena bahasa pengantar kitab ini menggunakan bahasa Arab.

Materi pelajaran kitab silsilah ini dibagi menjadi 4 (empat) bagian atau tingkatan (Mustawa), mulai dari dasar hingga lanjutan. Setiap tingkatannya dirancang untuk memberikan pemahaman yang ringan dan sesuai dengan jenjang tentang bahasa Arab, materi-materi tersebut meliputi:

Mustawa Awwal

  • Tafsir ( دروس من القران الكريم ) Juz 30: pelajaran Tafsir dijelaskan dengan tafsir ringkas serta makna per kata.
  • Ta'bir ( تعبير ): percakapan dan teks ini pelajaran terpenting dari kitab Silsilah.
  • Qiroah dan kitabah ( قراءة و كتابة ): membaca dan menulis.
  • Kitab Suwar ( كتاب الصور ): Penjelasan kosakata dalam bentuk gambar.
  • Menulis khot ( كراسة الخط ): menggunakan khot Naskhi , seperti di kitab Al Qur'an dan kitab Arab pada umumnya.
  • Mu'jam ( معجم ): Kamus kosakata mustawa Awwal.
  • Dalil Muallim ( دليل المعلم ): buku panduan bagi pengajar.

Mustawa Tsani

Pelajaran sama dengan Mustawa Awwal dengan tambahan:

  • Hadist ( الحيث الشريف ): Penjelasan makna Hadist dan makna perkalimat.
  • Qiroah ( القراءة ): Membahas percakapan dan teks, mirip seperti pelajaran Ta'bir namun pelajaran Ta'bir lebih ke berbicara sedangkan Qiroah lebih ke banyak kosakata dan pemahaman membaca teks.
  • Nahwu ( النجو ): mempelajari tata bahasa Arab (harakat akhir).
  • Shorf ( الصرف ): mempelajari tata bahasa Arab (perubahan kata).
  • Kitabah ( الكتابة ): membahas materi seputar penulisan dan tata cara membaca kitab. Seperti pembahasan titik , koma , hamzah , Mad , Huruf, dll.

Mustawa Tsalis

Pelajaran sama seperti mustawa Tsani dengan tambahan:

  • Tauhid ( التوحيد ): mempelajari tauhid, salah satu inti ajaran Islam.
  • Fikih ( الفقه ): mempelajari fikih dasar, sangat bagus bagi pemula dan di dalamnya tanpa ada pembahasan khilaf mahzab.
  • Adab ( الآدب ): membahas pelajaran tentang sastra Arab, mendalami Al Quran dan Sunnah syair berbentuk nasr dan nazhom , khutbah , wasiat , pribahasa pada zaman jahiliyyah sebelum islam sampai zaman Khalifah Umawiyyah.

Mustawa Robi'

Sama seperti pelajaran Mustawa Tsalis dengan tambahan:

  • Tarikh Islam ( التاريخ الإسلامي ): mempelajari sejarah islam.
  • Adab ( الآدب ): Membahas sastra dari zaman Abbasiyah - zaman sekarang.
  • Balaghoh ( البلاغة ): mempelajari balaghah, puncak pelajaran silsilah ada di pelajaran ini.

Keunggulan Kitab Silsilah Ta'lim al-Lughah al-'Arabiyah

Buku ini disusun dengan sangat baik untuk pelajar pemula maupun menengah dalam bahasa arab. Kitab ini juga menggunakan bahasa arab yang ringan dan mudah dimengerti, sehingga pelajar mudah memahami kosakata bahasa arab di kitab silsilah tersebut.

Kitab ini juga dilengkapi dengan latihan-latihan soal yang mendukung proses belajar bahasa pelajar, sehingga bisa menilai sejauh mana memahami materi pelajaran dalam kitab silsilah talim lughah arabiyah ini.

Setiap bab dan tingkatannya pun juga dirancang secara terstruktur dan efektif, mulai dari tingkat awwal (dasar) hingga akhir (robi'), sehingga dapat memudahkan pelajar mengikuti alur pembelajaran di setiap kelas (Mustawa) nya.

Download kitab silsilah ta'lim al lughah al arabiyyah lengkap

Berikut beberapa pdf kitab silsilah lipia yang dapat anda gunakan untuk membantu belajar bahasa Arab dasar dengan berbagai materi yang ingin anda pelajari pada artikelMengenal dan Download Kitab Silsilah Ta'lim Lughah 'Arabiyah ini:

Download Kitab Silsilah Mustawa 1 (Awwal)

Download Kitab Silsilah Mustawa 2 (Tsani)

Download Kitab Silsilah Mustawa 3 (Tsalis)

Download Kitab Silsilah Mustawa 4 (Robi')

Kitab Silsilah Ta'lim al-Lughah al-'Arabiyah dapat menjadi sumber belajar bahasa Arab anda, yang mana kitab ini sangat berguna dan membantu dalam proses pembelajaran bahasa Arab anda. Terjemahan kitab silsilah talim lughah arabiyah juga bisa anda baca.

Tentunya dengan materi yang terstruktur dan mudah dimengerti, kitab ini membantu pelajar menguasai bahasa Arab dengan lebih efektif. Pelajar juga harus memiliki dedikasi tinggi dan semangat berlatih, sehingga dapat lebih mudah dan cepat dalam mempelajari bahasa Arab.

Besar harapan agar dapat mempermudah anda dalam mempelajari bahasa Arab dengan link download silsilah lipia diatas. Yang mana anda dapat mempelajarinya di mana saja dan kapan saja tanpa internet.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال