Terjemahan Kitab Silsilah Kitabah Mustawa Tsani

Terjemahan Kitab Silsilah Kitabah Mustawa Tsani

Belajar bahasa Arab dengan arti atau terjemahan kitab silsilah ta'lim lughah al arabiyah kitabah mustawa tsani.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Pelajaran Pertama

Lam syamsiyah dan lam qomariyah

Islam di Korea

الكلمات الجديدة : kata-kata

حرْب : perang - عام : tahun - هيئة الأمم المتّحدة : perserikatan bangsa-bangsa - جُنُوْد : tentara-tentara - دفاع : melindungi - مرْكز : pusat - حاكم : hakim - وقع/يقع : terletak.

المصطلحات الجديدة : istilah-istilah baru

اللّام الشمشية : lam syamsiyah - الّام القمرية : lam qomariyah - شدّد/يُشدّد : hsj - خطّ : garis.

Korea terletak di asia.

Dan islam masuk disana sejak tahun 1370 H (1950 M) ketika perserikatan bangsa-bangsa meminta dari sebagian negara mengirimkan tentara-tentara mereka untuk membela korea dari memerangi kaum komunis.

Ada dari antara negara-negara yang mengirim tentara-tentaranya ke korea, dan ada tentara-tentara Turki orang-orang muslim yang berdiri dengan menunaikan sholat, dan beramal dengan apapun yang islam datangkan.

Maka sebagian orang-orang Korea mengagumi mereka, dan dengan agama mereka islam, juga mereka meminta untuk diajarkan agama ini.

Dan sejak waktu itu islam muncul di Korea.

Dan pada tahun 1396 H (1976 M) orang-orang muslim Korea membangun masjid pertamanya dan menjadi pusat awal islam di Korea.

Pembahasan :

Lam pada kata (الجنود) termasuk lam qomariyah, karena pelafalan lam tersebut jelas, seperti contoh lainnya : (القمر).

Lam pada contoh (الصلاة) termasuk lam syamsiyah, karena pelafalan lam tersebut tidak jelas yang dimana ditekan langsung kepada huruf setelahnya, seperti contoh lainnya : (الشّمس).

Terjemahan kitab silsilah ta'limil lughah al arabiyah mustawa tsani hadits

Pelajaran Kedua

Ta' marbutoh dan ta' maftuhah

Khutbah jum'at

الكلمات الجديدة : kata-kata baru

كنز/ينكز : menyimpan - ذهب : emas - فِضَّة : perak - بشَّر/يُبشِّر : membawa kabar - آيات : ayat-ayat - صعِد/يصعد : naik - خطيب : penceramah - منبر : mimbar - مقدار : takaran - اخرج/يخرج : mengeluarkan - زكاة : zakat - بيّن/يبيّن : menjelaskan - عِقاب : hukuman.

المصطلحات الجديدة : istilah-istilah baru

التاء المفتوحة : ta' maftuhah - التاء المربوطة : ta' marbutoh - نَص : teks.

Ketika mendekati waktu sholat jum'at lalu aku pergi ke masjid lebih awal, dan aku sholat dua rakaat (tahiyyatul masjid) kemudian aku duduk membaca ayat-ayat kitab Allah (Al-Qur'an), sampai khatib naik ke atas mimbar, kemudian muadzin mengumandangkan adzan untuk sholat, lalu khatib berdiri langsung berkhutbah yang pertama yang membicarakan tentang zakat dan takarannya, serta pahala bagi yang mengeluarkannya, kemudian ia membacakan firman Allah :

مَثَلُ الَّذِيۡنَ يُنۡفِقُوۡنَ اَمۡوَالَهُمۡ فِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنۡۢبَتَتۡ سَبۡعَ سَنَابِلَ فِىۡ كُلِّ سُنۡۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ‌ؕ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui". (QS Al-Baqarah : 261).

Kemudian ia duduk sebentar, setelah itu berdiri dan berkhutbah yang kedua kalinya, maka ia menjelaskan hukuman bagi siapa yang menahan zakat, lalu membaca firman Allah ta'ala :

وَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُوْنَهَا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙفَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ

"Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih". (QS At-Taubah : 34).

Pembahasan :

Ta' pada kata (ذَهَبْتُ) dinamakan ta' maftuhah (ـت).

Dan ta' pada kata (الجمغة) dan (الصلاة) dinamakan ta' marbutoh (ـة، ة).

Terjemahan kitab silsilah ta'limil lughah al arabiyah mustawa tsani Ta'bir

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال