Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

Mengetahui bagaimana cara mengatasi perut kembung dan mual, cara mengatasi perut kembung pada orang dewasa dan cara mengatasi perut kembung pada bayi dan anak.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Berikut Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung adalah kondisi dimana perut merasa nyeri, tertekan, kenyang (buncit) dan keras. Kondisi penyakit ini dapat mengganggu aktivitas-aktivitas pengidapnya, sehingga yang mengalaminya menjadi tidak nyaman dan terasa seperti kepenuhan.

Dikutip dari PubMed Central, kondisi perut kembung ini terjadi karena adanya udara atau gas yang masuk ke saluran pencernaan (usus). Oleh karena itu, perut menjadi kembung disertai rasa sakit, gas yang berlebih, sering sendawa dan perut yang mual. Kembung inipun juga dapat dirasakan oleh orang dewasa dan anak-anak.

Penyebab perut kembung lainnya adalah karena banyak mengonsumsi makanan yang membentuk gas (flatugenik), seperti ubi, kol, sawi, keju dan semacamnya. Sehingga hal ini membuat produksi gas pada usus menjadi meningkat dan terperangkap.

Pada kasus lainnya, perut kembung ini bisa juga terjadi di organ selain usus, tergantung hasil pemeriksaan dokter. Apabila isi perut berupa cairan, artinya ada masalah di hatinya. Apabila berupa benda padat, kemungkinan ada masalah pada organ dalamnya, seperti ginjal atau hati yang membesar, atau bisa juga disebabkan karena adanya tumor.

Cara Mengatasi Perut yang Kembung

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, yang mana secara sederhana adalah karena adanya udara atau gas yang tertumpuk dan terperangkap di dalam perut sehingga menjadi begah, hal itu dapat diatasi dan dicegah melalui cara mengatasi perut kembung berikut ini:

Menjaga Pola Makanan

Makanan dan minuman ternyata dinilai dapat menjadi pemicu kembung pada perut. Namun, tidak semua makanan dan minuman yang akan membuat perut kembung. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat lebih tinggi dibandingkan kandungan protein dan lemaknya, karena dapat menimbulkan perut kembung.

Sama halnya dengan makanan, mengurangi minum minuman yang bersoda dan kopi juga menjadi salah satu cara mengurangi perut yang kembung, karena minuman tersebut dapat memberikan efek yang sama.

Oleh karena itu, dengan mengatur pola makan dan memilih makanan yang sehat, seperti makanan yang mengandung serat dapat menghindari perut yang kembung. Tidak lupa dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

Berolahraga

Karena adanya udara atau gas yang berlebihan di dalam perut, melakukan aktivitas olahraga dapat menjadi salah satu solusi cara mengeluarkan gas dalam perut. Karena ketika berolahraga, otot dan saraf akan bekerja secara optimal. Hal ini akan membuat rangsangan terhadap usus untuk mengeluarkan gas secara alami.

Semakin sering bergerak, udara atau gas di perut akan semakin mudah untuk dikeluarkan, sehingga penumpukan udara atau gas tersebut akan dapat berkurang. Anda dapat memulai olahraga yang ringan terlebih dahulu, seperti jogging ataupun yoga yang dilakukan secara teratur.

Minum minuman berkhasiat

Memperbanyak minum air putih juga dinilai dapat membantu pengurangan masuk angin pada perut, Anda juga dapat mencoba meminum air hangat atau teh hijau agar otot usus menjadi lebih rileks. Tentunya dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Selain itu, memilih minuman sehat seperti air jahe atau kunyit juga dapat membantu. Kandungan yang ada di jahe dan kunyit tersebut akan mengurangi kadar gas pada perut, sehingga memberikan rasa lega dan hangat pada perut. Hal ini menjadikan jahe tidak hanya bisa mengatasi perut kembung saja, bahkan disebutkan bahwa jahe juga dapat membantu meredakan rasa mual.

Pijat refleksi

Pijatan disebut juga dapat membantu pengeluaran gas yang menumpuk di dalam perut dan juga dapat melancarkan gerakan pada usus. Ketika memijat area yang sakit, gunakanlah minyak kayu putih atau minyak telon agar terasa hangat.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan daun jarak dan minyak kayu putih dalam pijatan dapat menjadi salah satu cara mengatasi masuk angin perut kembung, tentunya pijatan tersebut haruslah dilakukan dengan lembut.

Menjaga kesehatan usus

Karena salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesehatan pada sistem pencernaan. Maka, memperbaiki kesehatan usus adalah salah satu cara efektif mengatasi perut kembung yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Untuk melindungi dan menjaga kesehatan usus atau sistem pencernaan tersebut, mengonsumsi makanan fermentasi yang mengandung probiotik seperti yoghurt, kimchi dan tempe menjadi obat alami perut kembung.

Kandungan probiotik di dalam makanan-makanan tersebut akan mengatasi perut begah dengan kemampuan mengembalikan keseimbangan bakteri baik pada usus, melancarkan proses pencernaan makanan pada usus dan membantu menyerap gas yang berlebihan.

Mengurangi masuknya udara

Karena banyaknya udara yang masuk ke perut secara tidak sengaja menjadikan perut menjadi kembung dan begah. Hal ini dapat diatasi dengan mengurangi kemungkinan masuknya udara di mulut.

Hal sederhananya adalah ketika Anda makan dan minum, pastikanlah bahwa mulut tidak ikut menelan udara ketika mengunyah makanan ataupun pada saat Anda minum.

Hal lainnya juga dapat terjadi ketika Anda mengunyah permen karet, minum menggunakan sedotan, memakai gigi palsu yang longgar, merokok, makan dan minum yang terlalu cepat, dan sebagainya.

Pastikan bahwa semua hal-hal yang dapat menyebabkan udara masuk ke mulut dapat dicegah. Mulailah dengan membiasakan hidup sehat dengan melakukan aktivitas yang tidak berlebihan.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung yang memberi Anda kewaspadaan jika terkena kembung. Intinya kita harus mengurangi udara atau gas masuk ke dalam perut kita, hal itu bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja.

Apabila mengalami perut kembung dan mual secara terus menerus, diusahakan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, agar Anda mendapatkan perawatan yang lebih baik, seperti pemberian obat perut kembung, obat perut begah, ataupun obat perut kembung dan mual.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال