Cara Belajar Bahasa Arab Online dan Gratis

Cara Belajar Bahasa Arab Online dan Gratis

Mengetahui bagaimana cara belajar bahasa arab online gratis, belajar bahasa arab online murah, rekomendasi situs belajar bahasa arab online gratis dan sumber belajar online lainnya.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Belajar Bahasa Arab Online

Saat ini kita hidup berdampingan dengan berkembangnya teknologi, dimana pun dan kapan pun saat ini teknologi tidak bisa dihindari, bahkan semakin maju. Adanya teknologi di sekitar kita, haruslah kita manfaatkan untuk membantu berbagai kegiatan sehari-hari kita.

Teknologi akan membantu kita lebih efisien dan efektif mengerjakan sesuatu dibandingkan tidak yang menggunakannya. Oleh karena itu, kita dapat manfaatkan kelebihan ini untuk membantu mempermudah kegiatan yang diinginkan, seperti belajar bahasa Arab secara online.

Tentunya dengan dibantu teknologi untuk belajar bahasa Arab secara daring, kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar bahasa Arab kita. Bisa saja dengan menggunakan cara belajar bahasa Arab online ini, materi pelajaran akan semakin mudah dimengerti.

Dengan begitu, menggunakan teknologi untuk belajar bahasa Arab online free akan dapat dinilai efektif, mudah dan interaktif. Bahkan dapat memberikan efek yang lebih besar daripada yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti metode yang tidak adanya interaksi yang baik antar pengajar dan pelajar.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengetahui dan mencoba apa saja cara belajar bahasa Arab secara online yang mudah, murah dan berkualitas untuk membantu proses belajar bahasa Arab, Anda bisa menggunakan tips-tips berikut ini:

Situs Belajar Bahasa Arab Online Gratis

Berikut beberapa cara belajar bahasa Arab secara online dan gratis yang bisa Anda coba untuk menjadi sumber referensi Anda belajar selain dari media cetak, seperti kitab, kamus, ataupun buku ajar khusus materi bahasa Arab.

Madinah Arabic  

Website belajar bahasa Arab yang pertama bisa Anda kunjungi adalah Madinah Arabic, disini kita dapat mempelajari berbagai macam materi bahasa Arab yang bisa Anda pilih sendiri sesuai keinginan. Bahkan materi-materi yang tersedia bisa diakses secara gratis dan tentunya banyak yang bisa kita pelajari di situs ini.

Tetapi, sebelum Anda masuk mengunjungi website ini, ada baiknya Anda mempelajari bahasa Inggris terlebih dahulu. Karena Madinah Arabic ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar website nya. Apabila Anda sudah fasih berbahasa Inggris, maka menggunakan situs ini akan terasa menyenangkan dan bermanfaat. 

Menggunakan website ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mempelajari bahasa Arab lewat hp atau sejenisnya. Karena dengan website ini, kita dapat mempelajari bagaimana cara penulisan huruf arab, kosakata bahasa Arab, cara membaca bahasa Arab, dan materi bahasa Arab lainnya yang sangat berkualitas untuk dicoba.

Alefbata

Selanjutnya, website alefbata. Disini Anda akan menemukan berbagai macam materi bahasa Arab yang kaya dengan kosakata, gambar, dan berwarna. Oleh karena itu, situs ini dapat memberikan Anda suasana belajar yang berbeda dan tentunya akan lebih interaktif.

Sebelum memulai belajar bahasa Arab lewat situs ini, ketika masuk ke website nya, Anda diminta untuk mendaftar (sign up) terlebih dahulu, dengan mengisi form berupa nama, email dan password akun Anda. Setelah itu, Anda diminta untuk mengaktifkan email yang tadi terdaftar. Kemudian baru Anda dapat memulai menggunakan website ini.

Di situs alefbata ini menawarkan berbagai macam materi pembelajaran bahasa Arab yang dikemas berupa permainan, cerita, teks-teks, hingga materi tata bahasa Arab juga tersedia. Sehingga Anda dapat belajar ilmu nahwu shorof tata bahasa arab online. Hampir semua nya menggunakan gambar, warna dan metode yang menarik untuk dicoba.

Oleh karena itu, situs ini dinilai cocok untuk membantu anak belajar bahasa Arab. Karena menyajikan materi bahasa Arab yang menggunakan ilustrasi yang disukai oleh anak-anak. Hal ini juga dapat mengembangkan perkembangan kognitif pada anak.

Selain itu, bagi Anda orang tua atau guru yang mengajarkan anak-anak menggunakan situs ini. Tentunya mereka harus diawasi, karena bahasa pengantar website ini menggunakan bahasa Arab, jadi apabila anak-anak menggunakan situs ini maka ia pasti akan kurang mengerti untuk mendapatkan materi bahasa Arab yang diinginkan.

Mondly

Selanjutnya ada website Mondly, di situs ini tidak hanya menyediakan pembelajaran bahasa Arab saja, tercatat ada 41 bahasa dengan 125 juta pengguna situs sekaligus aplikasi belajar bahasa Arab Mondly ini.

Dengan banyaknya pembelajaran bahasa asing tersebut, Anda akan dapat belajar beragam bahasa dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja karena materi-materi bahasa asing tersebut bisa Anda dapatkan secara gratis.

Kelebihan situs Mondly ini juga ada di fitur-fitur yang diberikan, seperti adanya Mondly untuk bisnis, untuk anak, bahkan ada fitur AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) yang akan memberikan pengalaman belajar bahasa Arab atau asing yang baru dan lebih menyenangkan.

Namun, apabila Anda ingin menggunakan secara penuh dan agar lebih mudah. Direkomendasikan untuk mendownload aplikasi nya secara langsung, karena mereka menyediakan berbagai pembelajaran materi bahasa-bahasa asing tersebut di aplikasi Mondly mereka.

Channel YouTube Belajar Bahasa Arab

Selain dengan membaca, belajar juga dapat dilakukan dengan mendengar. Dalam hal ini, menonton video bisa dapat Anda lakukan untuk membantu proses belajar bahasa Arab Anda agar lebih menyenangkan dan berbeda.

Menonton video di YouTube dapat menjadi rekomendasi sumber referensi belajar bahasa arab online murah yang paling populer di kalangan pelajar bahasa asing. Bahkan hampir semua bahasa juga tersedia untuk dipelajari di channel-channel YouTube.

Beberapa rekomendasi channel yang bisa Anda tonton, adalah ArabicPod101, Easy Arabic, dan Learn with Zakaria. Untuk channel yang lain mungkin bisa saja lebih bagus dan lebih baik dibandingkan channel-channel YouTube tersebut.

ArabicPod101

Di rekomendasi channel YouTube belajar bahasa Arab pertama adalah ArabicPod101. Channel ini menawarkan berbagai video pembelajaran bahasa Arab yang mencakup aspek-aspek penting seperti tata bahasa, kosa kata hingga percakapan sehari-hari berbahasa Arab.

Kelebihan lain dari channel ArabicPod101 ini adalah ia memiliki pembelajaran yang langsung diajarkan oleh native speaker. Sehingga ketika menonton video konten bahasa Arab disana Anda dapat mendengarkan bagaimana cara pengucapan bahasa Arab yang benar secara jelas.

Easy Arabic

Kemudian ada channel Easy Arabic yang dapat memberikan pengalaman belajar bahasa Arab yang menarik dan menyenangkan, channel YouTube ini memiliki penyampaian yang unik dalam pengajaran bahasa Arab nya.

Channel ini berbeda karena mereka menggunakan metode wawancara melalui percakapan dengan penutur bahasa Arab asli (masyarakat) di jalan-jalan Arab dan juga bercerita berbahasa Arab menggunakan berbagai dialek-dialek Arab.

Sehingga kita dapat mendengarkan di setiap video nya yang menampilkan wawancara dengan penduduk setempat kemudian percakapan berbahasa Arab dan juga video tersebut dilengkapi dengan teks (subtitle) dalam bahasa Arab dan terjemahan nya.

Hal tersebut akan membantu kita sebagai penonton lebih mengenal dan mengetahui bagaimana pengucapan dan penulisan kosakata bahasa Arab yang biasa digunakan sehari-hari, juga dapat memberikan kita wawasan tentang budaya dan kebiasaan-kebiasaan orang Arab disana.

Learn with Zakaria

Apabila Anda ingin belajar bahasa Arab dengan nuansa kartun, penuh warna, ceria dan penuh kosakata. Maka channel YouTube ini rekomendasi untuk Anda tonton, lebih lagi bagi Anda yang ingin mencari konten pembelajaran bahasa Arab untuk Anak atau peserta didik bahasa Arab Anda.

Video-video belajar bahasa Arab di channel ini lebih berfokus pada pengajaran dasar-dasar bahasa Arab seperti huruf, angka, warna, dan kosakata-kosakata sederhana.

Learn with Zakaria ini berisi video animasi dan video interaktif yang menarik untuk belajar, hal ini akan membuat pengalaman belajar bahasa Arab Anda atau anak didik Anda menjadi lebih menyenangkan.

Aplikasi Belajar Bahasa Arab Online

Selain website dan channel YouTube yang bisa Anda gunakan untuk belajar bahasa Arab secara gratis dan online, aplikasi handphone atau mobile juga dapat menjadi platform yang membantu Anda dan terkenal efektif untuk belajar bahasa Arab.

Aplikasi seperti Memrise, Duolingo, Drops, dan Clozemasters dapat menjadi rekomendasi aplikasi yang menawarkan pembelajaran bahasa Arab yang interaktif dan terstruktur, yang mana akan lebih memudahkan belajar bahasa Arab kapan saja dan di mana saja. Berikut adalah bagaimana cara belajar bahasa arab online gratis dengan aplikasi:

Memrise

Aplikasi yang pertama bisa Anda coba adalah Memrise. Aplikasi pembelajaran bahasa asing yang menggunakan metode pembelajaran interaktif berbasis teknik memori untuk membantu pengguna mengingat kosakata-kosakata baru, sehingga dengan metode tersebut dinilai aplikasi ini 2 kali lebih cepat efektif dibanding belajar di kelas saja.

Aplikasi ini juga menyediakan kursus bahasa Arab yang disusun oleh penutur asli, video-video dengan materi bahasa Arab sehari-hari dan tes yang didesain unik untuk melatih kemampuan bahasa Anda. Dengan itu semua kita dapat memastikan kualitas dan relevansi materi yang disediakan oleh aplikasi memrise ini terbukti baik.

Duolingo

Selanjutnya ada aplikasi Duolingo. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pembelajaran bahasa asing paling populer di dunia. Bahkan di aplikasi ini juga dapat mempelajari cara membaca dan menulis untuk anak-anak (Duolingo ABC) dan juga bisa belajar matematika (Duolingo Math).

Duolingo terkenal dengan pembelajaran yang menggabungkan belajar sekaligus bermain berbasis gamifikasi, hal ini akan membuat proses belajar menjadi seru dan interaktif, seperti bermain game tapi sambil belajar. Gelar jurusan pendidikan bahasa Arab

Setiap materi belajar bahasa di Duolingo terdiri dari berbagai latihan tes soal pilihan ganda yang meliputi pengenalan kosakata, latihan tata bahasa, dan pemahaman bacaan dengan mendengarkan audio di soal tes nya tersebut.

Clozemasters

Kemudian ada aplikasi Clozemasters. Aplikasi ini fokus pada penguasaan kosakata dan penggunaan bahasa. Ada sekitar 50 bahasa asing yang bisa Anda pelajari di Aplikasi ini, termasuk bahasa Arab.

Metode pembelajaran bahasa di aplikasi Clozemasters ini menggunakan metode tes cloze yang mana kita harus menjawab soal berupa kalimat yang belum lengkap dan kita akan menjawab dengan mencocokkan dengan kata yang cocok dengan model jawaban pilihan ganda untuk melengkapi kalimat tersebut agar benar.

Penggunaan metode pembelajaran ini dinilai sangat efektif untuk memperkuat  pemahaman tata bahasa yang benar dan juga pemahaman terhadap kosakata bahasa asing yang lebih luas. Hal ini juga akan dapat melatih keterampilan membaca, ketelitian dan memberikan motivasi untuk belajar lebih banyak lagi.

Dari semua itu kita dapat memanfaatkan nya untuk membantu proses belajar bahasa Arab kita agar lebih mudah lagi, karena dengan berbagai platform belajar bahasa Arab online tersebut kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja dengan smartphone kita, bahkan secara gratis sekalipun.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال